Monday, October 11, 2010

Intelligent Agent (Pencuci Piring)

Pada jaman sekarang banyak Ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja sehingga tidak sempat melakukan pekerjaan rumah. Misalnya seperti mencuci piring. Jika piring-piring dirumah yang sehabis dipakai tidak segera dicuci, bahkan didiamkan sampai berhari-hari maka piring-piring kotor tersebut akan menumpuk yang nantinya juga akan merepotkan dikemudian hari. Dengan alasan tersebut maka agen cerdas pencuci piring ini diharapkan dapat meringankan beban para Ibu rumah tangga  khususnya dalam hal mencuci piring. Agen cerdas ini dapat melakukan pekerjaan mencuci perabotan rumah tangga seperti piring, gelas, sendok, garpu, wajan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut pembuatan agen cerdas pencuci piring tersebut:

Agent Type
Pencuci Piring
Percept
Kamera, Sensor Infra Red, Voice Recognition, Shape Recognition, LCD Monitor, Microphone, Speaker, Remote
Action
Mengenali bentuk benda, Mecuci sesuai dengan barang yang dicuci sampai bersih, Pemberitahuan jika deterjen/sabun habis, Pemberitahuan jika semua piring telah dicuci, Meletakkan piring bersih pada tempatnya  
Goals
Semua piring tercuci sampai bersih tanpa ada yang pecah/terlewat satupun
Environtment
Perumahan, Kantor/Perusahaan, Ibu Rumah Tangga


Penjelasan :
Agent cerdas pencuci piring ini harus mampu mengenali barang rumah tangga yang akan dicuci. Sensor infrared akan mendeteksi jika disekelilingnya terdapat halangan atau sesuatu yang dapat menghalangi pekerjaan agent ini. Disaat terdapat halangan maka agent ini akan memeriksa opsi apa yang dapat dilakukan terhadap halangan ini. Jika memungkinkan maka agent ini akan menyingkirkan halangan tersebut. LCD monitor berfungsi agar sang pemilik agent dapat memeriksa kondisi dari agent tersebut, apakah baterainya lemah, terdapat kerusakan atau yang lainnya. Agent ini dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui remote. Jika sang pemilik ingin menghentikan kegiatan agent, maka tinggal menekan melalui remote tersebut.

Agent cerdas pencuci piring ini bukan hanya dapat mencuci piring saja tetapi dia juga bisa mencuci barang-barang rumah tangga laiinya seperti sendok, garpu, pisau, wajan, gelas, dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilakukan karena terdapat teknologi shape recognition yang ditanamkan pada agent ini. Jika pemilik terlalu malas untuk mengoperasikan melalui remot, maka bisa juga dilakukan dengan melalui suara yang sebelumnya telah dikonfigurasikan. Agent cerdas ini akan mencuci perabotan sampai bersih dan meletakkannya pada tempat yang telah disediakan.

Performance Measure / Goal :
- Dapat mencuci perabotan sampai bersih
- Meletakkan perabotan bersih pada tempatnya
- Ramah lingkungan
- Mudah dioperasikan
- Tidak ada perabotan yang pecah setelah mencuci
- Memberikan kenyamanan kepada sang pemilik

Lingkungan Pengoperasian Agent :
- Digunakan di rumah/kantor/perusahaan khusunya dapur
- Tempat yang tidak terlalu sempit

No comments:

Post a Comment